Implementasi MVC(Model View Controler) pada Aplikasi Biodata dengan Java Swing-Part 1

Setelah membaca dan mempelajari beberapa literatur  tentang MVC (Model View Controler) saya tertarik untuk membuat aplikasi java berbasis desktop/swing  yang menerapkan konsep MVC. MVC sendiri memisahkan komponen model, view,  dan controler. Dengan memisahkan ketiga komponen tersebut memberikan kemudahan programmer atau developer untk memaintance, sehingga jika terjadi perubahan pada salah satu komponen maka kita tidak perlu report mengubah seluruh komponennya, cukup salah satu komponen yang akan diubah. Beberapa fungsi komponen MVC dibagi menjadi 3 bagian utama :

  1. Model : Merupakan Struktur data, berhubungan dengan database seperti operasi koneksi database, insert, delete, update dan view yang diintegrasikan dengan bahasa pemograman..
  2. View : Berhubungan dengan Tampilan atau user interface yang berinteraksi langsung dengan user, seperti form registrasi, form login, dsb. Komponen view ini biasanya pembuatan User Interface semisal menggunakan  HTML, CSS, Java Script pada aplikasi web atau pada aplikasi java desktop menggunakan komponen pallete seperti JFrameForm, JTextField, JButton,dsb.
  3. Controler : Merupakan komponen untuk menentukan alur logika atau aksi yang diambil dari  komponen model untuk ditampilkan diuser interface. Sehingga Controler ini sebagai jembatan antara komponen Model dengan komponen View, karena komponen model tidak bisa  terhubung langsung ke komponen View tanpa melalui komponen control dulu. Karena keputusan berada pada controller.

Setalah anda membaca uraian diatas kita akan membuat aplikasi input biodata-Part 1 sederhana menggunakan konsep MVC, dimana Logica Model dengan Logika View dibedakan.Okey, anda bisa mencoba aplikasi biodata sederhana ini dengan memakai konsep MVC, silahkan mengunduh Project dan panduannya disini :

MVC BiodataSederhana

Kritik dan saran yang membangun akan selalu saya sambut dengan hati terbuka. Terima kasih, Semoga Bermanfaat  dan salam hangat dari saya “Novan”.Assalamualaikum Wr.Wb

About rockdevans

Terima kasih atas kunjungan anda di blog saya : Nama Saya Novan Surya Ardani, kelahiran 1 November 1987 di Kota Malang. Saya sangat menyukai perkerjaan programming, yaitu developer web dan Enterprise Application developer. Bahasa pemograman yang sering saya gunakan adalah, JAVA dan PHP. Saat ini saya sedang mendalami aplikasi mobile android dan Linux. Terima Kasih.. Assalamualaikum wr.wb

Posted on Desember 30, 2010, in Java Programming and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar